Millennium Development Goals ( MDGs )

Apakah Tujuan Pembangunan Milenium?

Diadopsi oleh para pemimpin dunia pada tahun 2000 dan ditetapkan untuk dicapai pada tahun 2015, Tujuan Pembangunan Milenium (TPM) atau yang sering dikenal dengan Millenium Development Goals (MDGs) menyediakan batas, benchmark numerik untuk mengatasi kemiskinan ekstrim di berbagai dimensi.

MDGs juga menyediakan kerangka kerja bagi seluruh masyarakat internasional untuk bekerja sama menuju akhir yang sama – memastikan bahwa pembangunan manusia mencapai setiap orang, dimanapun mereka berada. Jika tujuan ini tercapai, kemiskinan dunia akan berkurang setengahnya, puluhan juta nyawa akan diselamatkan, dan lebih dari miliar-an orang akan memiliki kesempatan untuk meraih keuntungan dari situasi ekonomi global yang ada sekarang ini.

Delapan MDGs terurai menjadi 21 target kuantitatif yang diukur dengan 60 indikator.

  • Tujuan 1: Menanggulangi kemiskinan dan kelaparan
  • Tujuan 2: Mencapai pendidikan dasar universal
  • Tujuan 3: Mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan>
  • Tujuan 4: Menurunkan angka kematian anak
  • Tujuan 5: Meningkatkan kesehatan ibu
  • Tujuan 6: Memerangi HIV / AIDS, malaria dan lainnya
  • Tujuan 7: Memastikan kelestarian lingkungan hidup
  • Tujuan 8: Mengembangkan Kemitraan Global untuk Pembangunan

Sejarah

2010 MDG Tinjauan Summit
2005 Millennium Summit +5
2000 Millennium Summit
Deklarasi Milenium PBB
Peta Jalan Menuju Pelaksanaan Deklarasi Milenium PBB
Mempercepat kemajuan MDG

Satu dekade setelah Deklarasi Milenium, kita dapat menunjukkan kemajuan yang signifikan pada beberapa MDGs di banyak negara. Ada pengurangan nyata dalam kemiskinan global, perbaikan signifikan dalam pendaftaran dan kesenjangan gender di sekolah, pengurangan angka kematian anak dan ibu dan peningkatan pengobatan penderita HIV. Langkah-langkah telah diambil untuk memastikan kelestarian lingkungan dan negara-negara berkembang telah menggabungkan MDGs ke dalam strategi pembangunan mereka.

Sementara pangsa penduduk miskin menurun, jumlah mutlak kaum miskin di Asia Selatan dan di sub-Sahara Afrika meningkat. Pengurangan cepat dalam kemiskinan tidak selalu menangani isu kesetaraan gender dan keberlanjutan pemeliharaan lingkungan. Kurangnya kemajuan dalam mengurangi penderita HIV berpengaruh dalam usaha penurunan angka kematian ibu dan anak. Perluasan layanan kesehatan dan pendidikan tidak diimbangi dengan kualitas.

Kemajuan MDGs juga terancam oleh kombinasi harga pangan yang tinggi dan dampak dari krisis keuangan dan ekonomi internasional. Kemiskinan yang berkelanjutan dan pengurangan kelaparan beresiko karena kerentanan terhadap perubahan iklim, khususnya di bidang produksi pertanian. Kapasitas kelembagaan lemah dalam konflik dan pasca konflik negara juga memperlambat kemajuan MDG, dan urbanisasi yang cepat adalah menempatkan tekanan pada pelayanan sosial.

Konferensi Tingkat inggi (KTT) MDG Review 2010 adalah kesempatan untuk mengakui peran penting dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) dalam mendukung pemerintah untuk mencapai MDGs. Berfokus pada langkah-langkah pragmatis yang dapat diambil dalam 5 (lima) tahun ke depan, UNDP telah mengembangkan Kerangka Percepatan MDG dengan mengambil basis bukti dari dekade terakhir ini.

Kerangka kerja ini menyediakan cara sistematis bagi setiap negara untuk mengembangkan rencana aksi mereka sendiri yang didasarkan pada proses percepatan pencapaian prioritas MDG yang telah dilakukan. Hal ini juga membantu pemerintah untuk dapat fokus pada kesenjangan dan ketidaksetaraan, dua dari penyebab utama kemajuan yang tidak merata, dengan cara menanggapi kebutuhan-kebutuhan yang rentan ataupun lemah.

Kerangka ini adalah inti utama dari strategi UNDP yang menempatkan seluruh organisasi dan sumber daya yang ada di belakang upaya PBB untuk mempercepat kemajuan MDG.


Sumber : undp

Posted on November 19, 2011, in Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: