HIV/AIDS: Tantangan Kini dan Masa Depan

Oleh: dr. Ufara Zuwasti

Epidemi HIV/AIDS adalah suatu krisis global dan tantangan yang berat bagi pembangunan terutama di negara miskin dan berkembang. Terdapat 26.483 kasus HIV/AIDS di Indonesia (s/d Juni 2011) dengan besar kematian 5.056. Jumlah kasus terbesar berada pada usia 20-29 tahun. Sebanyak 9.597 dari total kasus adalah pemakai jarum suntik. Lima provinsi dengan jumlah kasus terbanyak berturut-turut adalah DKI Jakarta, Papua, Jawa Barat, Jawa Timur dan Bali, dengan prevalensi per 100.000 penduduk yang terbesar adalah Papua.

HIV (human immunodeficiency virus) adalah virus yang menginfeksi sistem imun; menghancurkan atau melemahkan fungsinya. Bersamaan dengan meningkatnya progresivitas infeksi, sistem imun menjadi lebih lemah dan penderita lebih rentan terhadap berbagai macam infeksi. Stadium selanjutnya dari infeksi HIV adalah AIDS (acquired immunodeficiency syndrome) yang membutuhkan waktu sekitar 10-15 tahun.

Pengobatan dan pencegahan yang efektif untuk penyakit ini belum ada. Pencegahan sangat tergantung kepada kesadaran masyarakat untuk mengubah perilaku masing-masing. Adanya antiretroviral therapy (ART) memperpanjang usia penderita dan memelihara kehidupan mereka. Akses terhadap ART hingga tahun 2010 meningkat sepertiganya dari tahun 2008-2009. Namun, jumlah orang yang membutuhkan terapi pun juga meningkat karena adanya rekomendasi terapi pada stadium awal.

Data WHO/UNAIDS/UNICEF (2010) menunjukkan persentase total yang menerima ARV di negara miskin dan berkembang baru 36%. Di Asia Timur, Asia Selatan dan Asia Tenggara diestimasikan masih terdapat 2.400.000 orang yang membutuhkan ARV, berbanding dengan jumlah yang sudah menerimanya yaitu sekitar 739.000.

 

Sumber: Click Here

Posted on December 19, 2011, in lainya and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: