Newton’s cradle (Ayunan Newton)

Ayunan Newton adalah alat yang menunjukkan hukum kekekalan momentum dan kekekalan energi, terdiri dari sebaris pendulum (biasanya 5). Setiap pendulum tergantung dari suatu rangka dengan 2 kawat yang sama panjang. Bila sejumlah pendulum ditarik dari satu sisi dan dilepaskan kembali, maka jumlah yang sama akan terlempar dari sisi yang lain, dan seterusnya.

Newton’s cradle atau ayunan newton ini diciptakan dan diberi nama pada 1967 oleh aktor Inggris Simon Prebble. Pada mulanya dibuat dari kayu dan dijual di Harrods of London, kemudian dibuat dari chrome oleh Richard Loncraine. Dalam dunia pendidikan, Newton’s cradle biasanya digunakan untuk menjelaskanhukum ketiga Newton mengenai aksi dan reaksi. Newton’s cradle terbesar di dunia dibuat oleh Chris Boden dan dimiliki oleh The Geek Group diKalamazoo, Michigan. Terdiri dari 20 bola bowling seberat masing-masing 6,8 kilogram, digantung dengan kabel sepanjang 6,1 meter sekitar 1 meter dari lantai.

ayunan ini menyebabkan getaran. getaran adalah suatu gerak bolak-balik di sekitar kesetimbangan. Kesetimbangan di sini maksudnya adalah keadaan dimana suatu benda berada pada posisi diam jika tidak ada gaya yang bekerja pada benda tersebut. Getaran mempunyai amplitudo (jarak simpangan terjauh dengan titik tengah) yang sama.
coba kamu gerakan bola/ayunan bagian kiri digambar paling atas , pasti bila bertabrakan dengan bola/ayunan yg lain bola/ayunan yang sebelah kanan akan ikut bergerak.. kejauhan gerak bola kanan sama jauhnya dengan gerak bola/ayunan kirisumber: Wikipedia

Posted on January 7, 2012, in Pelajaran and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: